Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Yang Dimoderasi Oleh Pemeriksaan Pajak Pada Kpp Pratama Sukoharjo

Sari, Reni Yuliana Kartika (2012) Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Yang Dimoderasi Oleh Pemeriksaan Pajak Pada Kpp Pratama Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustakan)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Untuk mencapai target pajak, perlu ditumbuhkan terus menerus kesadaran dan kepatuhan masyarakat wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kesadaran dan kepatuhan wajib pajak merupakan faktor penting bagi peningkatan penerimaan pajak, maka perlu secara intensif dikaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, khususnya wajib pajak badan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara tingkat kepatuhan Wajib Pajak Badan dan peningkatan penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak yang dimoderasi oleh pemeriksaan pajak. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan metode dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak badan di KPP Pratama Sukoharjo. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Sampel penelitian sebanyak 47 wajib pajak badan. Teknik analisis data mengunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepatuhan wajib pajak badan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penerimaan pajak dan berhasil mendukung H1. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,902 > 1,980) dengan nilai p-value sebesar 0,005 diterima pada taraf signifikansi 5%; (2) Pemeriksaan pajak tidak berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan pajak dan tidak berhasil mendukung H2. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung < ttabel (1,641 < 1,980) dengan nilai p-value sebesar 0,104 ditolak pada taraf signifikansi 5%; (3) Interaksi antara tingkat kepatuhan dan pemeriksaan pajak tidak berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan pajak dan tidak berhasil mendukung H3. Artinya hubungan antara tingkat kepatuhan wajib pajak dan peningkatan penerimaan pajak tidak dimoderasi oleh pemeriksaan pajak; (4) Penghasilan kena pajak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penerimaan pajak. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,571 > 1,980) dengan nilai p-value sebesar 0,012 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin tinggi penghasilan kena pajak, maka semakin tinggi peningkatan penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Penerimaan Pajak, Pemeriksaan Pajak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Apr 2012 05:41
Last Modified: 17 Apr 2012 11:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17984

Actions (login required)

View Item View Item