Pengaruh Tingkat Kesadaran Dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Persepsi Sanksi Di Bidang Perpajakan (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama PATI)

Permatasari, Vietta (2012) Pengaruh Tingkat Kesadaran Dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Persepsi Sanksi Di Bidang Perpajakan (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama PATI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh tingkat kesadaran wajib pajak orang pribadi terhadap persepsi sanksi di bidang perpajakan, dan untuk menjelaskan pengaruh kepatuhan wajib pajak orang pribadi terhadap persepsi sanksi di bidang perpajakan. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah pars wajib pajak orang pribadi yang berada di wilayah kerja KPP Pratama PATI. Karena adanya keterbatasan waktu, tenaga dan biaya dan peneliti maka peneliti tidak melakukan penelitian terhadap populasi yaitu sebanyak 480 rata-rata orang melapor pajaknya setiap bulan di KPP Pratama PATI. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 60 orang responden, dengan mengambil 12,5% dari populasi. Pemilihan sampel ini didasarkan pada peneliti untuk mengantisipasi adanya wajib pajak yang tidak mengembalikan kuesioner atau tidak mengisi kuesioner secara lengkap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple linier regression) yaitu analisis yang digunakan untuk mendeteksi beberapa variabel yang berhubungan dengan variabel yang diuji. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak terhadap persepsi sanksi perpajakan. Nilai F hitung lebih besar dan F tabel (91,991 > 4,00). Terdapat pengaruh signifikan antara variabel tingkat kesadaran terhadap persepsi sanksi perpajakan. Nilai t hitung lebih besar dan t tabel (5,057 > 2,002). Terdapat pengaruh signifikan antara variabel kepatuhan terhadap persepsi sanksi perpajakan. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,550 > 2,002). Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,763 hal ini berarti sebesar 76,3% variabel persepsi sanksi perpajakan dapat dijelaskan oleh variabel tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Kepatuhan Wajib Pajak, Orang Pribadi, Persepsi Sanksi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Apr 2012 05:08
Last Modified: 17 Apr 2012 12:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item