PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 08 SEMANGKAK KECAMATAN KLATEN TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012

Murtini, Murtini (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 08 SEMANGKAK KECAMATAN KLATEN TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas menggambar melalui strategi pembelajaran Explicit Instruction pada anak kelompok A, TK Aisyiyah 08 Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok A TK Aisyiyah 08 Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas menggambar anak di TK Aisyiyah 08 Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten melalui metode Explicit Instruction. Sebelum tindakan sampai siklus II masingmasing pada pertemuan kedua yaitu sejumlah 10 anak (50%), siklus I sejumlah 13 anak (65%), dan siklus II sejumlah 16 anak (80%). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi Explicit Instruction dapat meningkatkan kreatifitas mengambar anak di Kelompok A TK Aisyiyah 08Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kreativitas, menggambar, strategi explicit instruction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Apr 2012 10:45
Last Modified: 16 Apr 2012 10:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item