PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA GADING III KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PRIHATININGSIH, PRIHATININGSIH (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA GADING III KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
Lampiran_-_lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kognitif anak melalui permainan konstruktif balok pada sub tema membentuk gapura, rumah dan menara. Penerima tindakan adalah anak kelompok B TK ABA Gading 3 Klaten yang berjumlah 16 anak. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B TK ABA Gading 3 Klaten. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam 2 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan wawancara. Tehnik analisis data secara deskriptif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan siswa melalui permainan konstruktif balok. Peningkatan kognitif anak pada saat pra siklus anak yang tergolong baik 4 anak, sedang 10 anak, kurang 2 anak. Pada Siklus I anak yang tergolong baik 7 anak, sedang 7 anak, kurang 2 anak. Pada Siklus II anak yang tergolong baik 10 anak, sedang 5 anak, kurang 1 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis metode permainan konstruktif balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk, ukuran, jumlah benda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan kognitif, permainan konstruktif balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 16 Apr 2012 10:14
Last Modified: 16 Apr 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item