Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Boyolali)

VIDYASARI, TIARA (2012) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boyolali dengan menggunakan sampel sebanyak 34 responden. Metode sampel dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, hal ini terlihat dari t hitung sebesar -0,892 dengan tingkat signifikansi 0,378 > 0,05. 2) pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah, hal ini terlihat dari t hitung sebesar 2,907 dengan tingkat signifikansi 0,007 < 0,000. 3) Pengendalian intern akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, hal ini terlihat dari t hitung sebesar 9,090 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. 4) pengendalian intern akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah, hal ini terlihat dari t hitung sebesar 5,834 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-18
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian intern akuntansi, keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 10:03
Last Modified: 26 Jun 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17967

Actions (login required)

View Item View Item