Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan (Studi Situs Sd N Buko Demak)

Hamid, Abdul (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan (Studi Situs Sd N Buko Demak). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
atribut_Abdul_Hamid.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Abdul_Hamid.pdf

Download (269kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) ciri-ciri tata ruang Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak. (2) ciri-ciri hubungan profesional guru dan Kepala Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak (3) ciri-ciri dukungan kepala sekolah terhadap pengembangan profesional guru Sekolah Dasar Pada Komunitas Keluarga Nelayan di SDN Buko Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buko Demak. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tata ruang sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak dilakukan dengan baik. SDN Buko telah memiliki ruangan yang lengkap seperti ruang guru, kepala sekolah, kelas, perpustakaan, dan juga laboratorium komputer. Ruangan kelas telah memenuhi standar ruang kelas sekolah dasar, ukuran luas SDN demak adalah 9X7 m. Setiap ruang dilengkapi dengan meubelair seperti meja kursi, almari dan ornamen dinding yang ditata dengan rapi. Tata ruang sekolah memperatikan 7 komponen yaitu warna, kebersihan, udara, penerangan, keamanan, dan juga udara. (2) Hubungan profesional guru dan kepala sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak terjalin erat. Guru dan kepala sekolah melakukan kegiatan menciptakan iklim yang kondusif secara bersama-sama seperti pengambilan keputusan bersama mengenai penyelenggaraan. Jadwal kerja guru disusun bersama sesuai dengan kompetensi yang dimiliki guru. Kepala sekolah melakukan koordinasi dengan guru dalam melakukan evaluasi kinerja guru dan menyelesaikan konflik di sekolah baik berhubungan dengan orang tua siswa keluarga nelayan. (3) Dukungan kepala sekolah terhadap pengembangan profesional guru sekolah dasar pada komunitas keluarga nelayan di SDN Buko Demak dilakukan dengan baik. Kepala sekolah mengirim guru untuk mengikuti pelatihan dan juga study banding agar guru memiliki wawasan luas dalam melakukan kegiatan mengajarnya. Kepala sekolah memberikan motivasi berupa pemberian penghargaan, menyediakan dana dan mendorong guru untuk aktif dalam KKG serta memberikan kesempatan guru untuk melanjutkan studinya ke jenjang SI. Dukungan yang diberikan kepala sekolah tersebut, menjadikan guru mengelola pembelajaran dengan baik dan mampu menciptakan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, keluarga nelayan, implementasi, hasil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 09:30
Last Modified: 16 Apr 2012 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item View Item