Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak Putra Utama Pgri Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Lestari, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak Putra Utama Pgri Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar anak dengan menggunakan metode bermain peran. Kemandirian Belajar pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai dalam kehidupan sehari-hari, oloeh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian belajar adalag dengan menerapkan metode bermain peran Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Putra Utama PGRI Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemandirian amak maupun untuk mengethui proses pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dicapai oleh anak dengan indikator kinerja Hasil penelitian menunjikkan bahwa ada peningkatan kemandirian belajar anakdengan menerapkan metode bermain peran. yakni sebelum tindakan 70,35%, Siklus I mencapai 84,59%, Siklus II mencapai 99,39%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran yang diajukan telah treuji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 06:49
Last Modified: 16 Apr 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item