MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

MAWARINI, YENI EKA (2008) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030169.pdf

Download (222kB)
[img] PDF
A410030169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan proses pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan model pembelajaran kontruktivisme, dan (2) untuk mendiskripsikan minat belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontruktivisme dalam belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Matesih, Karanganyar. Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru, yang pelaksanaannya meliputi empat tahap, yaitu: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (action), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflection). Sumber data berupa; informan, yang terdiri dari guru dan siswa kelas VII SMP N 1 Matesih, serta arsip dan dokumen. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontruktivisme, meliputi; a. Tindakan I: didapatkan bahwa minat belajar siswa masih kurang; b. Tindakan II: pada akhir pertemuan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya, tetapi respon dari siswa masih kurang; dan c. Tindakan III: Pada setiap akhir pertemuan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, respon dari siswa sudah mulai tampak ada sebagian siswa yang berani bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi. Pada pembelajaran putaran ketiga ini didapatkan bahwa minat belajar matematika siswa sudah jauh lebih baik, yang berarti minat belajar matematika siswa sudah meningkat. Minat belajar siswa dengan model pembelajaran kontruktivisme, meliputi: a) keseriusan sissa dalam belajar sudah meningkat yaitu dari 6 siswa (15%) menjadi 28 siswa (70%); b) keaktifan siwa dalam bertanya/ mengeluarkan ide meningkat yaitu dari 3 siswa (7,5%) menjadi 28 siswa (70%); c) inisiatif siswa mengerjakan soal di depan kelas meningkat yaitu dari 9 siswa (22,5%) menjadi 33 siswa (82,5%); d) inisiatif siwa bertanya meningkat yaitu dari 8 siswa (20%) menjadi 32 siswa (80%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kontruktivisme, minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 08:29
Last Modified: 17 Nov 2010 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item