Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Balok Ukur Panjang/Pendek Pada TK Pertiwi Japanan 1

SUNARSIH, SUNARSIH (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Balok Ukur Panjang/Pendek Pada TK Pertiwi Japanan 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan permainan balok ukur panjang/pendek pada TK Pertiwi Japanan I Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B pada TK Pertiwi japanan I Cawas yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data melalui obsevasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan melalui 3 siklus. Diharapkan melalui permainan balok ukur panjang/pendek dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Pertiwi Japanan I Tahun 2011/2012 dengan indikator pencapaian keberhasilan mencapai 80% maka penelitian dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan pembelajaran melalui bermain dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak TK Pertiwi Japanan I, Cawas, Klaten Tahun 2011/2012. Kemampuan berhitung permulaan anak meningkat dari kondisi awal sebesar 49,07% menjadi 61,11% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 71,29% pada siklus II dan meningkat menjadi 84,25% pada siklus III. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui permainan balok ukur panjang/pendek dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Pertiwi Japanan I Tahun 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan balok ukur panjang/pendek, kemampuan berhitung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2012 06:25
Last Modified: 14 Apr 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17941

Actions (login required)

View Item View Item