Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal,Pendapatan Asli Daerah Dan Pendapatan Per Kapita (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Dan Kota Se-Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2007-2009)

Febriyanti, Heny (2012) Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal,Pendapatan Asli Daerah Dan Pendapatan Per Kapita (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Dan Kota Se-Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2007-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah tidak akan memberikan arti apabila tidak diikuti dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Terdapat dua komponen penerimaan daerah yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi regional, yaitu PAD dan DAU. Indikator pertumbuhan ekonomi mampu meningkatkan pendapatan perkapita yaitu kesejahteraan penduduk yang terjadi seiring dengan semakin cepatnya laju pertambahan penduduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan belanja modal terhadap pendapatan per kapita. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris dengan menggunakan data empiris berupa keuangan daerah yang disertai dengan pengujian hipotesis. Data dalam penelitian ini adalah data keuangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2007 hingga 2009. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda melalui uji t. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh signifikan terhadap belanja modal (4,549 dengan p < 0,05). Artinya alokasi belanja daerah khususnya belanja modal dipengaruhi sumber penerimaan dari DAU; 2) Belanja modal berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (3,851 dengan p < 0,05). Artinya bertambahnya belanja modal maka akan berdampak pada produktivitas masyarakat yang meningkat dan bertambahnya investor sehingga meningkatkan pendapatan asli daerah; 3) Belanja modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan per kapita (2,033 dengan p < 0,05). Artinya alokasi belanja modal untuk pengembangan infrastruktur penunjang perekonomian, akan mendorong tingkat produktifitas penduduk. Pada gilirannya hal ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara umum yang tercermin dalam pendapatan per kapita; 4) PAD berpengaruh signifikan terhadap pendapatan per kapita (7,763 dengan p < 0,05). Artinya. pertumbuhan PAD secara berkelanjutan akan menyebabkan peningkatan pendapatan per kapita daerah tersebut; 5) Belanja modal berpengaruh terhadap pendapatan per kapita melalui PAD. Pengaruh secara langsung antara belanja modal dengan PAD bernilai 0,418, pengaruh secara langsung antara PAD dengan pendapatan per kapita= 0,705, dan pengaruh tidak langsung antara belanja modal dengan pendapatan perkapita melalui PAD sebagai variabel intervening mempunyai nilai koefisien sebesar 0,376. Artinya pengeluaran belanja modal akan semakin meningkatkan pendapatan per kapita pada daerah yang PAD-nya tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-06
Uncontrolled Keywords: dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, belanja modal, pendapatan perkapita
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Apr 2012 05:58
Last Modified: 26 Jun 2012 11:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item