Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Play Dough Di Tk Aba Karanganom Iii Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012

HARYANINGSIH, MEI DWI (2011) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Play Dough Di Tk Aba Karanganom Iii Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan play dough dengan kegiatan membentuk bunga dan binatang. Penelitian dilakukan di TK ABA Karanganom III Klaten, pada kelompok B. Penerima tindakan adalah siswa kelompok B, yang berjumlah 17 anak, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas dan anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dengan hasil penelitian dengan permainan play dough dapat meningkatkan kreativitas anak di TK ABA Karanganom III Klaten, terbukti dengan melihat perbandingan target pencapaian dengan pencapaian prosentase anak yang bisa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian target pada kondisi awal mencapai 30%. Pada penelitian siklus I mengalami peningkatan tapi belum maksimal hanya terjadi peningkatan 60%, untuk itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas yang sangat signifikan sebesar 20%, jadi pada siklus II ini anak yang dapat meningkat dalam kreativitasnya adalah sebanyak 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa permainan play dough dapat meningkatkan kreativitas anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Permainan Play Dough
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 13 Apr 2012 11:08
Last Modified: 13 Apr 2012 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17925

Actions (login required)

View Item View Item