Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Permulaan Pada Anak TK Kelompok B (PTK di TK Pertiwi Nanggulan II Cawas, Klaten, Tahun Ajaran 2011/2012)

JUWARYATI, ANIK (2012) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Permulaan Pada Anak TK Kelompok B (PTK di TK Pertiwi Nanggulan II Cawas, Klaten, Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Pembelajaran dengan media kapur dan papan tulis ternyata hanya 30% mampu meningkatkan minat membaca permulaan. Harapan guru 80% dari 16 jumlah anak minat belajar membaca permulaan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar membaca permulaan anak TK Kelompok B TK Pertiwi Nanggulan II dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian adalah guru kelas sebagai pemberi tindakan, sedangkan anak yang berjumlah 16 anak sebagai subyek penerima tindakan. Data tentang perilaku guru, anak, dan situasi kelas dikumpulkan dengan metode observasi dan minat belajar anak. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Kesimpulan hasil penelitian penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar anak pada bidang pengembangan bahasa, minat belajar anak pada bidang pengembangan bahasa yang dapat dilihat dari 1) Kesadaran anak untuk belajar membaca, meliputi : kesiapan anak sebelum kegiatan pembelajaran membaca 31,25% meningkat 75%, kesiapan anak menerima kegiatan pembelajaran 50% meningkat 75%. 2) Kemauan anak untuk belajar membaca meliputi : anak berani mengemukakah gagasan 37,5% meningkat 68,75% anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan 56,25% meningkat menjadi 81%. 3) Perhatian anak selama pembelajaran membaca meliputi : anak tidak melamun selama pembelajaran 37,5% meningkat 75%, perhatian anak tertuju pada proses pembelajaran 62,5% meningkat 75%; 4) Perasaan senang anak selama pembelajaran membaca meliputi : anak aktif alam proses pembelajaran membaca 43,7% meningkat 75%, anak aktif dalam proses tanya jawab 56,25% meningkat 81,2%. Kata kunci : Media gambar, minat belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media gambar, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:38
Last Modified: 13 Apr 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17921

Actions (login required)

View Item View Item