Upaya Meningkatkan Minat Belajar Berhitung Konsep Sederhana Anak Melalui Permainan Meronce Dengan Berbagai Media (Penelitian pada anak TK ABA Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten

Mulyani, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Berhitung Konsep Sederhana Anak Melalui Permainan Meronce Dengan Berbagai Media (Penelitian pada anak TK ABA Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (903kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Apakah melalui permainan meronce dengan berbagai media dapat meningkatkan aktivitas belajar pada anak didik. dan 2) Apakah melalui permainan meronce dengan berbagai media dapat meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak pada anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun Pelajaran 2011/2012 Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar melalui permainan meronce dengan berbagai media pada anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun Pelajaran 2011/2012, dan 2) Untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak melalui permainan meronce dengan berbagai media pada anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan subjek penelitian adalah anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun Pelajaran 2011/2012 , sebanyak 23 anak didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Berdasarkan hasil observasi saat penelitian tindakan kelas diperoleh bahwa: 1) Melalui penggunaan metode pembelajaran dengan cara permainan meronce dengan berbagai media, ternyata dapat meningkatkan minat berhitung konsep sederhana anak pada anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Hal ini dibuktikan saat anak didik dalam mempraktekkan meronce dan menghitungnya yang sudah benar pada saat siklus I dari 16,25 % menjadi 32,50 % pada siklus II, 2) Melalui penggunaan metode pembelajaran dengan permainan meronce dengan berbagai media dapat meningkatkan minat berhitung konsep sederhana anak pada anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gatak III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Hal ini dibuktikan dari penilaian kerapian hasil, kesesuaian waktu pelaksanaan, keseriusan minat dalam pelaksanaan praktek meronce, dan kemampuan berhitung pada anak didik, yaitu pada siklus I sebesar 65 dan menjadi 76 pada Berdasarkan wawancara guru mitra dari pelaksanaan pembelajaran tindakan kelas dalam meningkatkan minat berhitung konsep sederhana anak didik melalui pembelajaran dengan metode permainan meronce dengan berbagai media lebih diperhatikan dan diminati oleh anak didik. Kemampuan pemahaman untuk berhitung konsep sederhana anak didik terhadap suatu materi pelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat berhitung, permainan meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:39
Last Modified: 14 Apr 2012 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item View Item