Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Permainan Sains Kelompok A TK ABA Merbung Klaten Tahun 2011/2012

AZMI MARDIANA, NURUL (2012) Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Permainan Sains Kelompok A TK ABA Merbung Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif anak melalui metode permainan sains pada anak kelompok A TK ABA Merbung Klaten Selatan Klaten Tahun 2011/ 2012. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian tindakan kelas, karena menggunakan subjek satu kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Merbung dengan jumlah siswa 25 anak,yang terdiri dari12 siswa putra dan 13 siswa putri. Metode yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif anak menggunakan permainan sains. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua dilakukan dalam tiga kali pertemuan dan siklus ketiga dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah prosentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari prosentase hasil observasi. Siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 73%, siklus III sebesar85%. Ini berarti perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan dengan metode permainan sains. Kata Kunci : Metode permainan sains, perkembangan kognitif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode permainan sains, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:14
Last Modified: 13 Apr 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item View Item