Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pohon Hitung dalam Model Pembelajaran Tematik pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Troketon II Pedan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

FITRIYAH, ENI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pohon Hitung dalam Model Pembelajaran Tematik pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Troketon II Pedan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media pohon hitung dalam pembelajaran tematik pada anak TK Aisyiyah Troketon II Pedan, Klaten Kelas B Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung khususnya dalam menyebut atau membilang urutan bilangan 1-10, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, memasangkan lambang bilangan dengan benda dan menyebut hasil penambahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Aisyiyah Troketon II Pedan, Klaten yantg berjumlah 16 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan berhitung melalui media pohon hitung dalam pembelajaran tematik pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon II Pedan, Klaten sebelum tindakan 44%, siklus I meningkat menjadi 63%, siklus II 70%, dan siklus III mencapai 85%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan media pohon hitung dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon II Pedan, Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, media pohon hitung, Model Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:02
Last Modified: 13 Apr 2012 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item