PENERAPAN MODEL RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA

Murdiyanto, Murdiyanto (2008) PENERAPAN MODEL RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran ditinjau dari penggunaan model pembelajaran (2) Prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran yang menggunakan pembelajaran model resource-based learning lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2006/2007. Sampel penelitian ini sebanyak 64 siswa dari 2 kelas yang diperoleh dengan menggunakan teknik ramdom sampling cara undian kelas. Dari 2 kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum data di analisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dari prestasi belajar matematika siswa. Setelah uji prasyarat terpenuhi dilakukan pengujian hipotesis dan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan uji t-tes menunjukkan thitung 2, 380 dan ttabel 1, 96 pada taraf signifikansi 5 %, jadi thitung 2,380 > ttabel 1, 96. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data prestasi belajar Matematika diperoleh dari sampel penelitian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah mengikuti tes pokok bahasan lingkaran, menunjukkan mean kelas eksperimen adalah 7,625 dan kelas kontrol 7,227 Dari hasil perhitungan ini dapat diketahui bahwa prestasi belajar Matematika siswa yang mendapatkan pengajaran dengan menggunakan model resource-based learning lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol atau pembelajaran konvensional pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK A410-100
Uncontrolled Keywords: resource-based learning, pembelajaran, matematika, siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:52
Last Modified: 17 Nov 2010 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item