Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Kelompok A Di Tk Pertiwi Padas Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Andriayani, Dwi (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Kelompok A Di Tk Pertiwi Padas Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak khususnya pada kemampuan menyimak, menceritakan kembali, tanya / jawab dan memahami kosa kata dengan metode bercerita dengan boneka tangan di TK Pertiwi Padas, Karananom, Klaten tahun ajaran 2011/2012 subyek penelitian ini adalah guru dan anak pada anak ke1ompok A yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan subjek dan dokumentasi. Dari hasil analisi Bab IV disimpulkan bahwa “Metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada anak kelompok A di TK Pertiwi Padas, Karanganom, Klaten tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian tindakan kelas (Class/ Room Action) berbentuk siklus siklis seolah-olah merupakan proses daur ulang, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut : Siklus I prosentasi siswa yang dapat menyimak, menceritakan kembali, tanya jawab dan menguasai kosa kata sebanyak 9 anak (64.71%), pada siklus II disajikan dengan boneka tangan dengan cerita yang lebih menarik, boneka tangan dengan bentuk lain yang menarik pula dan tema yang lain dan diselingi beberapa lagu yang ada dalam cerita dan prosentase keberhasilan menjadi 18 anak (84.50%), sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita dengan boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 05:31
Last Modified: 13 Apr 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item