Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Jomboran Klaten Tahun 2011/2012

Wigunarti, Rochmah (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Jomboran Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rochmah Wigunarti, Nim A53B090095. Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi I Jomboran Klaten. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bagi siswa, khususnya pada kemampuan menyimak, mendengarkan, dan menceritakan kembali cerita di TK Pertiwi I Jomboran Klaten. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas B TK Pertiwi Jomboran I Klaten Tengah, yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 6 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus 2 kali pertemuan. Indikator kemampuan berbahasa anak adalah sebagai berikut: menjawab pertanyaan sederhana, berkomunikasi secara lisan dengan bahasa sendiri, mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut, mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita dengan gambar seri. Kemampuan berbahasa melalui metode bercerita dengan gambar seri, meningkat dengan baik, pra siklus 13,33% (2 anak) siklus I 33,33% (5 anak) siklus II 53,33% (8 anak) siklus III 80% (12 anak).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, metode bercerita, gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 04:32
Last Modified: 13 Apr 2012 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17886

Actions (login required)

View Item View Item