Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi I Sumberejo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012

WIDATI, SRI (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi I Sumberejo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bagi anak khususnya pada kemampuan menyimak dan memahami kosa kata di TK Pertiwi I Sumberejo, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, subyek penelitian guru dan anak pada kelompok B TK Pertiwi I Sumberejo Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Indikator kinerja yang ingin dicapai antara lain; menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan sesuatu yang diperoleh dari pengalaman yang dilihatnya, menyebutkan nama benda yang diperlihatkan dan membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal atau dilihatnya. Rancangan penelitian tindakan kelas ( Class Room Action ) berbentuk siklus-siklus seolah-olah merupakan proses daur ulang, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis pada Bab IV disimpulkan bahwa “ Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan Kemampuan Berbahasa anak pada kelompok B di TK Pertiwi I Sumberejo, Klaten”. Dari siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I prosentasi siswa yang dapat menyimak dan menguasai kosa kata sebanyak 7 anak ( 35% ), pada siklus II disajikan penayangan CD dengan tema yang lain dan diselingi dengan beberapa lagu yang ada dalam tayangan dan prosentase keberhasilan menjadi 12 anak ( 60% ), karena dianggap siklus II belum memenuhi target yang direncanakan maka dilanjutkan dengan siklus III dengan pemilihan tema yang lain dan ditambah dengan lembar tugas dengan tujuan anak lebih terkondisi dan prosentase keberhasilan pada siklus III mencapai 80% atau 16 anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menyimak, penguasaan kosa kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 04:15
Last Modified: 13 Apr 2012 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17884

Actions (login required)

View Item View Item