Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2011/2012

KUSUMANINGAYU , FITRIANA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran adalah kurangnya penggunaan variasi strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan dengan penggunaan strategi Learning Starts with a Question siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nogosari tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Learning Starts with a Question yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 65,5 dari nilai awal sebesar 64,25; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 12,42 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 72,63 dari siklus I yang hanya 65,5; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 14,59 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts with a Question praktikum dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Nogosari tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi learning starts with a question.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2012 10:49
Last Modified: 12 Apr 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17882

Actions (login required)

View Item View Item