Perbandingan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan Information Search Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X Sma Negeri I Kemusu Tahun Ajaran 2011/2012

JUMIKO, JUMIKO (2012) Perbandingan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan Information Search Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X Sma Negeri I Kemusu Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan strategi Guided Note Taking dan Information Search terhadap hasil belajar keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA Negeri I Kemusu Tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri I Kemusu, Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Populasi ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Kemusu, Boyolali. Sampel menggunakan dua kelas, kelas X-2 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan strategi Guided Note Taking) dan kelas X-1 sebagai eksperimen II (pembelajaran menggunakan strategi Information Search). Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji non parametrik dengan tipe 2-Independent Sample Test (Mann-Whitney Test), tetapi sebelumnya dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan 2-Independent Sample Test (Mann-Whitney Test) diperoleh nilai signifikansi = 0,391 dan nilai probabilitas = 0,05, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Information Search tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-28
Uncontrolled Keywords: strategi Guided Note Taking, strategi Information Search, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2012 10:40
Last Modified: 21 Jun 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

View Item View Item