Pemanfaatan Ekstrak Bit (Beta Vulgaris) Dan Kembang Sepatu (Hibiscus Rosa Sinensis L) Dengan Penambahan Dan Prosentase Etanol Yang Berbeda Sebagai Bahan Pewarnaan Pada Pengamatan Mikroskopis Stomata Jagung (Zea Mays)

WAHYUNI , DWI (2012) Pemanfaatan Ekstrak Bit (Beta Vulgaris) Dan Kembang Sepatu (Hibiscus Rosa Sinensis L) Dengan Penambahan Dan Prosentase Etanol Yang Berbeda Sebagai Bahan Pewarnaan Pada Pengamatan Mikroskopis Stomata Jagung (Zea Mays). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Mahalnya harga reagen pewarna sintetik serta kelemahannya dalam penyimpanan guna pengamatan mikroskopis menyebabkan kegiatan praktikum kurang efektif sehingga dibutuhkan alternatif lain pengganti pewarna sintetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak bit dan kembang sepatu dengan penambahan dan prosentase alkohol yang berbeda sebagai bahan pewarnaan pada pengamatan stomata jagung, sehingga dapat digunakkan sebagai alternatif pengganti safranin yang harganya mahal. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap dengan dua faktor perlakuan yaitu bahan pewarna alternatif yang digunakan (W) dan perbedaan konsenntrasi pelarut dalam etanol (K) yang masing-masing 100%, 75%, 50%, dan 25% dengan perlakuan menggunakan safranin (W0) sebagai kontrol. Hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif non statistik yang meliputi kenampakan stomata, kejelasan stomata dan kekontrasan warna. Berdasarkan hasil analisis penelitian, pelarut ekstrak bit dan ekstrak kembang sepatu dengan konsentrasi 75% berpengaruh pada pengikatan warna pada sel epidermis. Perlakuan kontrol menunjukkan hasil kekontrasan dan kejelasan stomata yang agak jelas. Pewarnaan dengan pewarna ekstrak bit dan ekstrak kembang sepatu dengan konsentrasi 75% menunjukkan hasil kenampakan dan kejelasan stomata yang sangat jelas sedangkan sel-sel epidermis dapat dibedakan dengan jelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak bit dan ekstrak kembang sepatu dengan konsentrasi 75% efektif sebagai pewarnaan alami pada pengamatan mikroskopis stomata sehingga dapat digunakan sebagai pewarna alternatif pengganti safranin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bit, kembang sepatu, konsentrasi etanol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Apr 2012 10:18
Last Modified: 12 Apr 2012 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17877

Actions (login required)

View Item View Item