Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Organisasi Kehidupan Melalui Pembelajaran Penemuan Terpimpin (Guided Discovery) Pada Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 3 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012

PRIYANTO , FAJAR (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Organisasi Kehidupan Melalui Pembelajaran Penemuan Terpimpin (Guided Discovery) Pada Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 3 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di kelas VII A SMP Negeri 3 Sawit terdapat beberapa kelemahan, di antaranya: siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan, motivasi siswa terhadap pembelajaran kurang, siswa tidak fokus pada pembelajaran, guru kurang memanfaatkan fasilitas (alat-alat laboratorium) yang tersedia, dan hasil belajar siswa rendah. Metode Penemuan Terpimpin (Guided Discovery) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi materi Organisasi Kehidupan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sawit tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan pembelajaran Penemuan Terpimpin (Guided Discovery). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak II siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 73,68 atau meningkat sebesar 9,62 dari nilai awal; ranah afektif = 20,46 (termasuk kategori berminat); dan ranah psikomotorik = 8,41 (termasuk dalam kategori berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 75,79 atau meningkat sebesar 2,11 dari siklus I; ranah afektif = 23,77 (termasuk berminat) atau meningkat sebesar 3,31 dari siklus I; dan ranah psikomotorik = 9,23 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 0,82 dari siklus I). Kesimpulan penelitian ini adalah: penerapan metode pembelajaran Penemuan Terpimpin (Guided Discovery) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi Organisasi Kehidupan siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sawit tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode penemuan terpimpin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2012 10:08
Last Modified: 12 Apr 2012 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item View Item