Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Anak Melalui Metode Mind Mapping di Kelompok B TK Pertiwi Randulanang I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012”.

Sulistyowati, Endah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Anak Melalui Metode Mind Mapping di Kelompok B TK Pertiwi Randulanang I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak melalui metode Mind Mapping di kelompok B TK Pertiwi Randulanang I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Sebelum diberikan tindakan, motivasi belajar membaca anak kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan motivasi belajar membaca anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Mind Mapping. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Pertiwi Randulanang I yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar membaca pada anak TK Pertiwi Randulanang I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012 meningkat minimal 80% dari 30 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar membaca anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode Mind Mapping sebanyak 9 anak (30%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode Mind Mapping siklus I motivasi belajar membaca anak meningkat menjadi 16 anak (61,11%) dan siklus II motivasi belajar membaca anak meningkat menjadi 23 anak (80,56%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak di kelompok B TK Pertiwi Randulanang I Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-09
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Membaca, Mind Mapping.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Apr 2012 06:20
Last Modified: 22 Jun 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17867

Actions (login required)

View Item View Item