Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permaianan Kartu Kata pada Anak Kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Astuti, Dwi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permaianan Kartu Kata pada Anak Kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan kartu kata pada anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan menggunakan permainan kartu kata proses pembelajaran membaca permulaan pada kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan minimal 75% dari 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan permainan kartu kata yang mencapai ketuntasan sebanyak 3 anak (21,42%). Kemudian setelah diberi tindakan dengan permainan kartu kata pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 7 anak (50%), dan siklus II kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 11 anak (78,57%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK RA Miftahul Ulum 2 Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar, membaca, permainan, kartu kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Apr 2012 05:48
Last Modified: 12 Apr 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item