Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Jari Di Ra Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Prasetyoningsih, S. Erna (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Jari Di Ra Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka jari. Kemampuan berbahasa anak perlu ditingkatkan karena sebagai alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek data penelitian ini adalah kelompok A di RA Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012 Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data penerapan metode bercerita dengan boneka jari dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan data mengenai kemampuan meningkatkan bahasa anak dikumpulkan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka jari. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan bahasa anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 27,94%, siklus I mencapai 40,00%, siklus II mencapai 60,00% dan siklus III mencapai 80,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di Kelompok A RA Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bahasa, metode bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2012 04:58
Last Modified: 12 Apr 2012 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17862

Actions (login required)

View Item View Item