Hubungan anta Perhatian Orang Tua dan Disipint Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN kedungwaduk 1 Kecamatan Karangmalang Kabupaten SragenTahun Ajaran 2011/2012

Fadmawati, Anna (2012) Hubungan anta Perhatian Orang Tua dan Disipint Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN kedungwaduk 1 Kecamatan Karangmalang Kabupaten SragenTahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor eksternal dapat datang dari lingkungan dan orang tua, sedangkan faktor internal bersumber pada intelektual, kedisiplinan dalam belajar, dan beberapa faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan peningkatan prestasi belajar matematika; (2) mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan peningkatan prestasi belajar matematika; (3) mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan peningkatan prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Semua anggota populasi diambil sebagai sampel, sehingga disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji R2, uji t, dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (2,963 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika adalah sebesar 30%; (2) Disiplin belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,090 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika adalah sebesar 31,6%; (3) Perhatian orang tua dan Disiplin belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 21,638 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,39 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 61,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2012 04:28
Last Modified: 12 Apr 2012 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item