Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Anak Melalui Metode Bermain Kartu Gambar Kelompok B TK Aisyiyah Gemblegan 2, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten

RUSMIYATI , RUSMIYATI (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Anak Melalui Metode Bermain Kartu Gambar Kelompok B TK Aisyiyah Gemblegan 2, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak melalui metode bermain kartu gambar di kelompok B TK Aisyiyah Gemblegan 2 Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dikarena-kan motivasi belajar membaca anak di TK tersebut masih rendah, terbukti dengan sikap anak di saat mengikuti kegiatan masih ada yang menangis bila disuruh belajar membaca serta tidak fokus dalam belajar membaca dan guru sudah berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai metode. Berbagai metode yang diterapkan oleh guru ternyata belum bisa meningkatkan motivasi belajar membaca anak. Solusi yang ditawar-kan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode bermain kartu gambar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Gemblegan 2 yang berjumlah 22 anak.Teknik pengumpulan data meng-gunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator dalam penelitian ini adalah diharapkan dengan menggunakan metode bermain kartu gambar dapat meningkatkan motivasi belajar membaca pada anak didik TK Aisyiyah Gemblegan 2 Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012 meningkat minimal pada siklus I 70% dansiklus II 80% dari 22 anak. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui kegiatan bermain kartu gambar. Sebelum diadakan tindakan dengan meng-gunakan metode bermain kartu gambar sebanyak 5 anak (22,72%). Setelah dilakukan tindakan sesuai dengan yang disepakati yaitu menggunakan metode bermain kartu gambar pada siklus I motivasi belajar membaca anak meningkat menjadi 16 anak (72,73%), dan siklus II motivasi belajar membaca anak meningkat lagi menjadi 18 anak (81,82%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui kegiatan bermain kartu gambar dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak di kelompok B TK Aisyiyah Gemblegan 2 Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi membaca, bermain kartu gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:29
Last Modified: 11 Apr 2012 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item