Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012

Puji Hastuti, Eka (2012) Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains melalui metode bermain warna pada anak kelompok B TK ABA Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Gondangan Jogonalan yang berjumlah 15 anak, dan juga guru kelas sebagai pengajar. Penelitian dilakukan berkolaborasi dengan guru dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi peningkatan kemampuan sains anak, lembar observasi penerapan metode bermain warna, dan lembar catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor penilaian dan menghitung prosentase peningkatan kemampuan sains anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain warna dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B TK ABA Gondangan Jogonalan Klaten tahun 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sains pada siklus I sebesar 15% (kondisi prasiklus 30% menjadi 45%), siklus II sebesar 15% (siklus I 45% menjadi 60%), dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III sebesar 25% (siklus II 60% menjadi 85%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-08
Uncontrolled Keywords: bermain warna, kemampuan sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:27
Last Modified: 22 Jun 2012 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17852

Actions (login required)

View Item View Item