Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Pemberian Tugas

SULASTRI , MI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Pemberian Tugas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak dalam pembelajaran melalui pemberian tugas pada anak kelompok A TK Pertiwi II Ngrundul Kabupaten Klaten tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi II Ngrundul Kabupaten Klaten. Subjek penelitian adalah anak TK Pertiwi II Ngrundul Kabupaten Klaten tahun 2011/2012 yang berjumlah 18 anak. Data kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dikumpulkan dengan metode observasi dan data pelaksanaan metode pemberian tugas melalui metode observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan melalui pemberian tugas. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu siklus I kemampan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak 54,48%, siklus II meningkat menjadi 67,08%, siklus III meningkat menjadi 85,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, konsep bilangan, pemberian tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Apr 2012 11:20
Last Modified: 11 Apr 2012 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17851

Actions (login required)

View Item View Item