PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROJECT-BASED LEARNING (PTK di Kelas VII C SMP Negeri 4 Wonogiri)

SUHARI, ANGGORO (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROJECT-BASED LEARNING (PTK di Kelas VII C SMP Negeri 4 Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
HTML (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
08._daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang pada siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Wonogiri melalui metode pembelajaran Project-Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Wonogiri yang berjumlah 29 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulangsi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis meningkat dari 17,2% menjadi 64,5%, (2) banyaknya siswa yang memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 6,9% menjadi 41,3%, (3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan meningkat dari 3,4% menjadi 51,7% dan kemampuan siswa menanyakan materi yang belum jelas meningkat dari 3,4% menjadi 34,5%. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Project-Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika materi persegi dan persegi panjang pada siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Wonogiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pemahaman_konsep, Project-Based Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:48
Last Modified: 11 Apr 2012 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17841

Actions (login required)

View Item View Item