UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PTK di SMP N 1 Selogiri Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2011/2012)

Astuti, Diyah (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PTK di SMP N 1 Selogiri Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Selogiri pada pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching (2) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Selogiri pada pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini termasuk pendekatan penelitian kualitatif yang dikelompokkan kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu ( catatan lapangan dan dokumentasi). Teknik analisis data dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Selogiri. Adanya peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi : 1) Kreativitas dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 7,14% dan diakhiri tindakan mencapai 56%, 2) Kreativitas dalam mengajukan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 17,86% dan diakhiri tindakan mencapai 64%, 3) Kreativitas siswa dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru atau siswa yang lain sebelum tindakan sebesar 28,57% dan diakhiri tindakan mencapai 72%. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai Kritereria Ketuntasan Minimum (KKM) dari ketuntasan sekolah yaitu mencapai nilai ≥ 75 sebellum tindakan sebesar 28,57% dan diakhiri tindakan mencapai 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kreativitas, Prestasi belajar, pembelajaran Reciprocal teaching
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:36
Last Modified: 11 Apr 2012 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item