Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Scramble Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ketitang Juwiring Klaten Tahun 2011/ 2012

Septiana, Vita (2011) Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Scramble Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ketitang Juwiring Klaten Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.hal_judul.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAPUS.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Ketitang tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Ketitang Juwiring Klaten yang berjumlah 32 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpilan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 02 Ketitang sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 13 siswa dengan presentase 40,63% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 19 dengan presentase 61,29%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai ketuntasan belajar 84,37% atau 27 siswa. Dengan demikian penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran scramble dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, scramble
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Apr 2012 08:45
Last Modified: 11 Apr 2012 08:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item