Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Teknik Jawab Pertanyaan Dan Media Vcd Cerita Rakyat Kelas Vi Sd Negeri I Gebang Nguntoronadi

Hidayati, Nur (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Teknik Jawab Pertanyaan Dan Media Vcd Cerita Rakyat Kelas Vi Sd Negeri I Gebang Nguntoronadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui: (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak dengan teknik jawab pertanyaan menggunakan media VCD cerita rakyat pada siswa kelas VI SD Negeri I Gebang Nguntoronadi, (2) mendeskripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menyimak dengan teknik jawab pertanyaan menggunakan media VCD cerita rakyat pada siswa kelas VI SD Negeri I Gebang Nguntoronadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek yang akan diteliti yaitu peningkatan kualitas proses dan peningkatan kualitas hasil menyimak dengan menggunakan media VCD cerita rakyat. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) penggunaan media VCD dan teknik jawab pertanyaan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran cerita rakyat pada siswa kelas VI SD Negeri I Gebang Nguntoronadi terbukti dengan adanya peningkatan proses pembelajaran berikut ini: (a) meningkatnya keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan apersepsi pada siklus I 41%, siklus II 50% dan siklus III 58%, (b) meningkatnya keaktifan dalam diskusi kelompok pada siklus I 50%, siklus II 66% dan siklus III 83%. (2) penggunaan media VCD dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran cerita rakyat pada siswa kelas VI SD Negeri I Gebang Nguntoronadi pada siklus I 75%, siklus II 83% dan siklus III 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-03
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, teknik jawab pertanyaan, dan VCD cerita rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2012 08:01
Last Modified: 19 Jun 2012 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item