Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Diberi Tugas Kelompok Dengan Siswa Yang Diberi Tugas Individu Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 3 Juwiran Klaten

Kunanik, Tri (2012) Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Diberi Tugas Kelompok Dengan Siswa Yang Diberi Tugas Individu Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 3 Juwiran Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi tugas kelompok dengan siswa yang diberi tugas individu. 2) manakah yang lebih baik hasilnya antara siswa yang diberi tugas kelompok dengan siswa yang diberi tugas individu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V siswa SD Negeri 3 Juwiran, Juwiring, Klaten tahun ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok VA untuk kelas eksperimen menggunakan strategi pemberian tugas kelompok dan kelompok VB kelas kontrol menggunakan strategi pemberian tugas individual. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) terdiri dari strategi pemberian tugas kelompok dan strategi pemberian tugas individual sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,111> 2,037, sehingga H0 ditolak, berarti ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi tugas kelompok dengan siswa yang diberi tugas individu. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematik kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 77,2 > 66,5, berarti hasil belajar matematika siswa yang diberi tugas kelompok lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diberi tugas individu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi tugas kelompok dengan siswa yang diberi tugas individu pada siswa kelas V siswa SD Negeri 3 Juwiran, Juwiring, Klaten tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pemberian tugas kelompok, strategi pemberian tugas individual, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Apr 2012 06:38
Last Modified: 11 Apr 2012 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item View Item