Penerapan Metode Matriks Ingatan Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pada Peserta Didik Kelas Xi Ak 2 Smk Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012

KHOIRIYAH, NURLAILI (2012) Penerapan Metode Matriks Ingatan Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pada Peserta Didik Kelas Xi Ak 2 Smk Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Metode Matriks Ingatan dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi pada siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat aktivitas proses pembelajaran di kelas sebesar 43% siswa aktif dan hasil belajar akuntansi siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 6% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 40 Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan Test. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif berupa perbandingan prosentase peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya proses pembelajaran yaitu 65% siswa aktif, dan hasil belajar siswa 65% siswa dapat mencapai KKM 74 dengan nilai rata-rata kelas 74. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode matriks ingatan dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012 dengan langkah langkah : 1) Guru membuat sebuah matriks kosong yang terdiri dari baris-baris dan kolom-kolom 2) Guru menerangkan materi pelajaran dengan memandu siswa mengisi ruang yang kosong dengan fakta-fakta yang berhubungan dengan materi 3) Pastikan kesesuaian antara kesesuaian antara judul kolom dengan judul baris 4) Mintalah siswa untuk mengisi kolom-kolom yang sesuai dengan judul kolom dan judul baris 5) Setelah diisi siswa , kumpulkan matriks itu dan guru siap mengoreksi jawaban siswa. Pelaksanaan tindakan pada siklus I tingkat rata-rata aktivitas proses pembelajaran di kelas meningkat menjadi 54% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 17% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67. Pelaksanaan tindakan pada siklus II tingkat rata-rata aktivitas proses pembelajaran di kelas menjadi 70% dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 65% mencapai KKM dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 75.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-04
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Matriks ingatan, aktivitas proses pembelajaran, dan hasil belajar akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 11:02
Last Modified: 18 Jun 2012 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item