PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008)

Setiyowati, Titis (2008) PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) interaksi antara iklim kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sampel yang diambil 2 kelas yang terdiri dari 60 siswa, dengan teknik clucter random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan uji Liliefors untuk menguji normalitas dan uji Bartlet digunakan untuk menguji homogenitas. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan pada = 5% diperoleh (1) ada pengaruh iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah, dengan Fhitung = 4.903, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 63.998, (3) tidak ada interaksi antara iklim kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 2.564.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklim kelas, prestasi belajar matematika, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:31
Last Modified: 01 Feb 2011 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item