Strategi Pemasaran Usaha Industri Kerajinan Rotan Dalam Menembus Pasar Internasional (Studi Kasus Pada Dewangga Furniture Gatak Sukoharjo)

Sulistyawan, Arif (2012) Strategi Pemasaran Usaha Industri Kerajinan Rotan Dalam Menembus Pasar Internasional (Studi Kasus Pada Dewangga Furniture Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja strategi yang diterapkan Dewangga Furniture dalam menembus pasar internasional, hambatan/kendala yang dihadapi oleh Dewangga Furniture dalam memasuki pasar internasional dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan/kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di perusahaan Dewangga Furniture serta pemilik sebagai sumber informannya. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, kepustakaan, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan strategi memasuki pasar internasional yang diterapkan oleh Dewangga Furniture adalah mengunakan analisis kondisi pasar negara tujuan dengan melakukan riset pasar terhadap produk yang diminati, selera dan kebutuhan konsumen di negara tujuan melalui internet. Tidak menetapkan pasar potensial, menentukan segmen pasar tertentu dengan menetapkan strategi harga yang berbeda untuk setiap segmen pasar yang dilayani. Menentukan sistem promosi yang tepat dengan internet, pameran dagang, kunjungan langsung dan menyediakan tempat pameran (showroom). Menyediakan brosur berbentuk online dalam situs internet dan tidak mencantumkan daftar harga tetapi dapat dinegosiasikan dengan perusahaan. Kendala yang dihadapi Dewangga Furniture adalah permasalahan dana/modal, kelangkaan bahan baku, persaingan dan proteksi yang diterapkan di negara tujuan. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menanggulangi kendala yang dihadapi adalah mengajukan pinjaman pada supliyer bahan baku dan bank, mengkombinasikan produk dengan bahan baku lain, meningkatkan kualitas produk dan menetapkan harga sesuai harga pasar, dan memenuhi persyaratan dokumen fumigasi yang diterapkan di negara tujuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B100/2012-11
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, pasar inetrnasional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 05:51
Last Modified: 26 Jun 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item