Analisis Portofolio Optimal Pada Saham-Saham Jakarta Islamic Index ( Jii ) Dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal Dan Model Random Di Bursa Efek Indonesia ( BEI )

APRIANI , FITRI (2012) Analisis Portofolio Optimal Pada Saham-Saham Jakarta Islamic Index ( Jii ) Dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal Dan Model Random Di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (667kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembentukan portofolio dengan menggunakan model indeks tunggal dengan penentuan portofolio dengan menggunakan model random. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil sampel pada saham-saham Jakarta Islamic Index ( JII ) yang masuk pada 2 periode pengamatan tahun 2008-2009 sebagai obyek penelitian. Dalam pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang memiliki tingkat pengembalian saham yang masih dibawah tingkat pengembalian bunga bebas risiko, sehingga sebagian besar saham tidak layak untuk portofolio optimal. Pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang mempunyai ERB positif kemudian dibandingkan dengan nilai Ci(Cut-Off Rate). Sekuritas yang mempunyai nilai ERB lebih besar atau sama dengan Ci dimasukkan dalam kandidat portofolio yang optimal. Populas i dalam penelitian ini adalah saham-saham yang masuk sebagai kandidat JII. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 23 saham yang menjadi kandidat JII periode 2008-2009, akan tetapi saham yang layak menjadi portofolio optimal hanya berjumlah 5 saham. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data-data sekunder yaitu data yang dipublikasikan Divisi Riset dan Pengembangan BEI yang berupa: Monthly Statistic, Fast Book, Indonesia Capital Market Directory dan laporan suku bunga deposito tahun 2008 sampai dengan tahun 2009. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan Analisis Uji Beda Dua Mean. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan mengenai apakah ada perbedaan return portofolio antara penentuan portofolio dengan menggunakan model indeks tunggal dengan penentuan portofolio secara random, digunakan uji hipotesis perbedaan dua mean. Nilai t dengan 0,05 menghasilkan nilai sebesar ( 2, 306 ), nilai tersebut dibentuk dari hasil pembagian dari rata-rata return dengan jumlah kandidat portofolio dan standar deviasinya. Dari hasil pengukuran tersebut maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Hipotesis yang menyatakan bahwa “Ada perbedaaan return portofolio antara penentuan portofolio menggunakan Model Indeks Tunggal dengan penentuan portofolio secara Random”. Adalah tidak terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B100/2012-05
Uncontrolled Keywords: Portofolio, JII, Model Indeks Tungal, Model Random
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 09 Apr 2012 11:34
Last Modified: 26 Jun 2012 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17789

Actions (login required)

View Item View Item