Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Basin

Sholikhah, Nurul Aini (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Basin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kualitas proses dan hasil belajar pada proses belajar mengajar matematika melalui penerapan metode Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Basin yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sub pertama dapat dilihat adanya peningkatan kualitas proses antara lain, a) keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas, sebelum penelitian 10 siswa (38,46%), siklus I meningkat 13 siswa (50%), siklus II meningkat menjadi 23 siswa 88,46%. b) Aktif bertanya, sebelum tindakan ada 4 siswa (15,38%), siklus I meningkat 12 siswa (46,15%) dan siklus II meningkat menjadi 20 siswa (76,92%). c) Keaktifan mengungkapkan ide, menanggapi tanggapan dan menjawab pertanyaan dari teman sebelum tindakan 8 siswa (30,76%), pada siklus I meningkat 15 siswa (57,69%) pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa (73,07%). Sub kedua adanya peningkatan pada hasil belajar, antara lain a) Rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 53,53 , pada siklus I meningkat menjadi 69,61 dan pada siklus II 75,76. Dengan data tersebut membuktikan bahwa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus ke II pada penerapan metode Joyful Learning dan telah mencapai indikator pencapaian hasil belajar siswa rata-rata yaitu ≥70. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Joyful Learning pada pembelajaran Matematika kelas IV dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, kualitas proses dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Apr 2012 05:12
Last Modified: 09 Apr 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item View Item