Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing (PTK di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru Tahun Ajaran 2011/2012)

Rahayu, Nita Agustina (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing (PTK di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru yang berjumlah 38 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 10,52% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 39,47%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 13,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,63%, 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 7,89% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 42,10%, 4) diskusi sebelum tindakan 26,31% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,47%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Weru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem posing tipe post solution posing, keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:13
Last Modified: 07 Apr 2012 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17743

Actions (login required)

View Item View Item