Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Metode Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karang Anyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Pratiwi, Erna Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Metode Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karang Anyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
COVER_DEPAN.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Trengguli kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 01 Trengguli kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal yang hanya 8 siswa 40% , menjadi 13 siswa atau 65%, hasil pembelajaran siklus II dari 20 siswa sebanyak 16 siswa atau 80% tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas atau 20%, sedangkan pada siklus III jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 anak atau 95% dan yang belum tuntas satu siswa. Oleh karena itulah pada siklus III ketuntasan telah mencapai target dari indikator ketuntasan 90% dari KKM 70. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Trengguli Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima atau terjawab

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:01
Last Modified: 07 Apr 2012 07:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17741

Actions (login required)

View Item View Item