Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Berdasarkan Nilai Hasil Ujian Tahun 2010/2011 (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Telukan 01 Grogol)

Wijaya, Panji (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Berdasarkan Nilai Hasil Ujian Tahun 2010/2011 (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Telukan 01 Grogol). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PANJI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar matematika melalui metode tutor sebaya berdasarkan hasil UASBN. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, yang dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data selesai pada setiap unitnya dengan menggunakan waktu yang masih tersisa dalam penelitian ini. Hasil akhir yang penulis peroleh berdasarkan penelitian ini adalah: Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari prestasi belajar dan keaktifan. Pada prestasi belajar jumlah siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 35 sebelum tindakan penelitian sebanyak 16 siswa dari 25 siswa (64%). Pada putaran I banyaknya siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 35 sebanyak 22 siswa dari 25 siswa (88%). Pada tindakan kelas putaran II meningkat yaitu 19 siswa dari 24 siswa (79,16%). Pada tindakan kelas putaran III hasil belajar siswa meningkat yaitu siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 35 sebanyak 24 siswa dari 25 siswa (96%). Keaktifan bertanya sebanyak 17 siswa (64%). Keaktifan menjawab pertanyaan sebanyak 16 siswa (64%). Keaktifan maju kedepan kelas sebanyak 9 siswa (36%). Keaktifan mengemukakan ide sebanyak 8 siswa (32%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UASBN, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 05:23
Last Modified: 07 Apr 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17739

Actions (login required)

View Item View Item