Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Bangun Ruang dengan Memanfaatkan Barang Bekas pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun ajaran 2011/2012

Huntoro, Athur Toto (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Bangun Ruang dengan Memanfaatkan Barang Bekas pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar matematika melalui media bangun ruang dengan memanfaatkan barang bekas pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 02. Manfaat penelitian ini bagi siswa adalah meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volume kubus dan balok, bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat memberikan masukan yang positif bagi upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V, dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah mendapat nilai minimal 7 (Sesuai dengan KKM). Berdasarkan hasil belajar siswa tahun lalu yaitu tahun pelajaran 2010/2011 di SD Negeri Ngadirejo 02 pada pokok bahasan menentukan volume bangun ruang, rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu baru mencapai 6,3 (dibawah KKM). Hal itu merupakan masalah bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan tersebut. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan melalui penggunaan media bangun ruang, yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pokok bahasan menentukan volume kubus dan balok. Rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini yaitu ”Apakah penggunaan media bangun ruang dengan memanfaatkan barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 02?”. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volume bangun ruang mencapai rata-rata 8,3. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran. Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas V agar menggunakan media bangun ruang dalam mengajarkan materi menentukan volume kubus dan balok, sehingga dapat memudahkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media bangun ruang dalam pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Apr 2012 04:05
Last Modified: 07 Apr 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item