Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri I Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

NUR WAHYUNINGSIH, ATIK (2012) Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri I Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (670kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 2)
3._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab 5)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita melalui media wayang siswa kelas V SD Negeri I Tambak tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Tambak yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui media wayang. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menyimak cerita dari rata-rata 56,05 menjadi 68,31. Pada siklus II terjadi peningkatan dari rata-rata 68,31 menjadi 75,52. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM adalah 36,84%. Pada siklus I meningkat menjadi 57,9%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 89,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri I Tambak, Mojosongo, Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci : Menyimak Cerita, Media Wayang

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menyimak Cerita, Media Wayang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 05 Apr 2012 11:24
Last Modified: 05 Apr 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17732

Actions (login required)

View Item View Item