Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat(STM)Pada Siswa Kelas IV SD Negri Karangasem II Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Adi, Yogi Kuncoro (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat(STM)Pada Siswa Kelas IV SD Negri Karangasem II Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
Bab_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab.II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab.III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab.IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Bab.V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang muncul yaitu rendahnya motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta menambah wawasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang variatif melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pelaku tindakan adalah peneliti sebagai pengajar dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II yang secara keseluruhan berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif terdiri dari pengumpulan data, paparan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar pada kondisi awal 39,53% (17 siswa) mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 76,74% (33 siswa) dan siklus II menjadi 93,02% (40 siswa). Hasil belajar pada kondisi awal 34,88% (15 siswa) mengalami peningkatan 69,77% (30 siswa) pada siklus I dan 90,70% (39 siswa) pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA serta menambah wawasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang variatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: motivasi belajar IPA, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2012 10:40
Last Modified: 05 Apr 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item