Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activities Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKn Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/2012

Sutanto, Heri (2012) Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activities Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKn Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
3._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activities (DRTA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi kebebasan berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan observasi minat belajar sebelum tindakan sebesar 25,64% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 59,45% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 82,05% pada siklus II. Dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus adalah 46,15% mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 67,56% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1.) Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activities (DRTA) dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta. 2.) Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activities (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta. Selanjutnya peneliti menyarankan untuk para guru agar dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis DRTA ini, dengan demikian ada bahan perbandingan sehingga hasil belajar di kemudian hari menjadi lebih baik. Jika tujuan ini tercapai diharapkan peningkatan mutu pendidikan benar-benar dapat terwujud

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: directed reading thinking activities, minat, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2012 10:17
Last Modified: 05 Apr 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17722

Actions (login required)

View Item View Item