Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Dengan Media Gambar Untuk Meningkatakan Penguasaan Konsep Materi Organisasi Kehidupan Siswa Kelas VII A Semester II SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Dewi, Rozyana Tungga (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Dengan Media Gambar Untuk Meningkatakan Penguasaan Konsep Materi Organisasi Kehidupan Siswa Kelas VII A Semester II SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu proses pembelajaran masih cenderung menggunakan metode konvensional, sehingga menimbulkan masalah siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: penguasaan konsep biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kartasura pada pokok materi organisasi kehidupan, Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran Reading Guide (panduan membaca). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa mulai siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil penguasaan konsep di setiap siklus. Rata-rata kelas hasil belajar aspek kognitif sebesar 81,56 (78,05%). Rata-rata kelas hasil belajar aspek afektif sebesar 15,5 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Reading Guide dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep biologi materi organisasi kehidupan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Reading Guide, keaktifan dan penguasaan konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2012 10:12
Last Modified: 05 Apr 2012 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17721

Actions (login required)

View Item View Item