Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa Kelas II SD Negeri 02 Guwokajen Sawit Boyolali Tahun 2011/2012

Pratiwi, Yuniwan (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa Kelas II SD Negeri 02 Guwokajen Sawit Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_RPP_IPA_Benda_YUNI_WAN_PRATIWI-pgsd_yang_dipakai-CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang hanya menginformasikan fakta dan konsep melalui ceramah saja, mengakibatkan kurangnya perhatian siswa pada pelajaran IPA. Keaktifan pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA berpengaruh pula terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas siswa, siswa pasif dan suasana kelas kurang komunikatif sehingga menyebabkan motivasi belajar siswa rendah Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajarannya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Hal tersebut mengakibatkan masih banyaknya siswa mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Di SDN 02 Guwokajen nilai Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran IPA kelas II adalah 70, dari 20 siswa ada 9 siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran out door study pada siswa kelas II SD Negeri 02 Guwokajen Sawit Boyolali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 02 Guwokajen tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan analisis interaktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Terdapat beberapa macam alternatif metode pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas 02 SD, penggunaan metode out door study dapat menjadi salah satu alternatif pemecahannya; (2) Pembelajaran melalui metode out door study dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pembelajaran lebih bermakna karena adanya pengalaman belajar langsung di luar sekolah (lingkungan sekitar). Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan penelitian yang akan datang, di samping itu dapat pula digunakan sebagai acuan dalam upaya untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di Kelas 02 Sekolah Dasar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, out door study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2012 09:59
Last Modified: 05 Apr 2012 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17719

Actions (login required)

View Item View Item