PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBEREL HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Kartasura)

Prihantini, Wahyu (2008) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBEREL HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang dikenai dengan pendekatan kooperatif model struktural tipe TPS dengan siswa yang dikenai dengan pendekatan kooperatif model struktural tipe NHT, 2) mengetahui pengaruh hasil belajar matematika ditinjau dari perbedaan minat belajar, 3) mengetahui interaksi antara metode mengajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP N 2 Kartasura semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Populasi penelitian ini berjumlah 358 dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 76 siswa yang dijadikan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode tes, metode angket, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis dengan taraf signifikansi 5 % dapat disimpulkan bahwa:1) Ada pengaruh hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode kooperatif tipe TPS dan metode kooperatif tipe NHT dengan Fhitung = 5,008, 2) Ada pengaruh yang signifikan ditinjau dari minat belajar siswa antara tinggi, sedang, dan rendah, dengan Fhitung = 3,407, 3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran tipe TPS dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fhitung = 1,261.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kooperatif model TPS, pendekatan kooperatif model NHT, minat, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:24
Last Modified: 24 Oct 2011 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item